YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 19 April 2017

TBS Park, pilihan Ruang Terbuka selanjutnya di Jakarta Selatan...


                Satu lagi kepedulian Pemkot Jakarta tentang Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang terletak di kawasan Jl. TB. Simatupang, Jakarta Selatan. Senin, 17 April 2017, Asiana Group selaku perusahaan pengembang properti terkemuka mengadakan syukuran atas terwujudnya rencana pembangunan RTH TBS Park. Area seluas 1 hektar tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap pemerintah dalam pemenuhan target RTH di DKI Jakarta yaitu sebesar 30% dari keseluruhan wilayah ibukota. DKI Jakarta, khususnya Jakarta Selatan masih membutuhkan sekitar 20% lagi untuk mencapai target RTH sesuai peraturan pemerintah. Hingga akhir 2016, Jakarta Selatan telah memiliki 780 RTH, peringkat kedua terbanyak setelah Jakarta Pusat yaitu 913 RTH.

             RTH TBS Park yang akan dirancang oleh arsitek ternama, Yori Antar, Arsitek Nusantara, yang juga menjadi perancang RTH Kalijodo, akan menghadirkan area Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang menonjolkan berbagai fasilitas. TBS Park akan memiliki berbagai olahraga ketangkasan, wall climbing dan tempat pertunjukan semi terbuka bagi para pecinta seni. Skate park dan bike park rencananya berukuran 1.535 meter persegi. Beberapa zona tempat duduk untuk berkumpul dan beristirahat, termasuk dek diantara pepohonan untuk memandang are RTH dari ketinggian, ruang laktasi dan juga mushola. Keunikan TBS Park ini adalah konstruksinya segi 8, atap yang transparan tapi tetap teduh dan pastinya ramah lingkungan. Secara simbolik diberikan juga peralatan olahraga untuk warga.

               Perkembangan kota Jakarta yang makin padat membuat ruang publik makin minim tersedia. Inilah alasan mengapa Jakarta bisa disebut sebagai kota yang miskin ruang publik. Padahal semakin banyak ruang publik, Jakarta akan semakin terbuka, ramah dan manusiawi. Diharapkan hadirnya ruang publik-ruang publik ini mampu menjadi wadah aktivitas masyarakat, khususnya anak-anak dalam berinteraksi bahkan menyalurkan hobi, lebih mau bekerjasama dan tidak individualis. Semoga pembangunan yang baru akan dimulai di 2018 ini akan memberi banyak manfaat untuk warga Jakarta, khususnya warga Jakarta Selatan. Dan semoga bisa menjadi inspirasi pihak swasta lain untuk mewujudkan RTH di seluruh kawasan Jakarta.



Tidak ada komentar: