YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 14 April 2017

Ruang Terbuka, Lahan Terbuka untuk Anak-anak Bermain


Bermain bagi anak-anak adalah suatu kegiatan penting, khususnya untuk perkembangan jiwa dan raganya. Sebagai orangtua tugas kita memberikan lahan yang tepat, nyaman dan aman pastinya. Namun yang terjadi di kota-kota besar agak sulit untuk menemukan tempat seperti ini. Keamanan jadi factor utama para orangtua tidak begitu saja membiarkan anak-anaknya bermain, misalnya di taman terbuka. Padahal ruang terbuka seperti taman memberikan fungsi tersendiri untuk anak-anak bermain. Mereka lebih bebas berekspresi saat bermain di ruang terbuka, tak jarang banyak hobi tersalurkan dengan bermain di ruang terbuka. Anak-anak yang terbiasa bermain di ruang terbuka memiliki raga yang lebih sehat, terbiasa berkeringat, memberi pengaruh baik pada perkembangan sensor motoriknya dan memiliki cara berpikir lebih luas. 

Perkotaan akan terus membangun, pertumbuhan penduduk yang pesat lebih mengutamakan penggunaan lahan untuk pemukiman, lahan yang selayaknya dijadikan area bermain terbuka untuk anak-anak harus dikorbankan. Akibatnya, banyak lahan terbuka yang bukan difungsikan sebagai tempat bermain, anak-anak terpaksa memilih bermain di jalanan, atau lihatlah anak-anak yang tinggal di bantaran sungai, mereka dengan terpaksa bermain di sekitar bantaran sungai. Ataupun anak-anak yang tinggal di sekitar rel kereta api, hanya disitulah tempat mereka bermain, tak ada lahan lain yang khusus untuk mereka bermain dengan aman dan nyaman.


Anak-anak memiliki jiwa petualangnya sendiri, anak-anak selalu menginginkan sesuatu yang baru, dan lingkungan di luar rumah menjadi tujuan mereka untuk terus berpetualang. Pemerintah Daerah Jakarta saat ini tengah membangun ruang terbuka untuk anak-anak bermain. Beberapa lahan dipersiapkan khusus untuk mereka berekspresi dan menyalurkan hobi. Salah satu diantaranya adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo yang berada di Kecamatan Tambora dan Penjaringan ini, memiliki fasilitas seperti arena bermain sepeda, skate park, outdoor gym, dan toilet untuk penyandang disabilitas. Selanjutnya, ruang terbuka ini akan terus diupayakan hadir di tiap komplek perumahan. Senang ya rasanya apabila ruang terbuka tersebut ada di satu sudut perumahan kita. Ruang terbuka yang aman dan nyaman untuk anak-anak kita :) 


Image result for kalijodo

Tidak ada komentar: